Thursday, February 15, 2018

Definisi Algoritma Menurut Para Ahli Dan Struktur Dasar Pemrograman Komputer

Pendidikan- Sebuah Algortima adalah deskripsi langkah-langkah atau pelaksana suatu proses. Sebuah proses dikerjakan oleh pemproses berdasarkan algortima yang diberikan.

Setiap langkah-langkah penyelesaian dinyatakan dengan sebuah pernytaan  atau Statment. Sebuah statment mengambarkan action algoritmik yang dieksekusi, bila  suatu aksi dieksekusi maka sejumlah operasi yang bersesuaian dengan aksis itu akan dikerjakan oleh pemproses.

Jika dilihat dalam bentuk tertulis, algoritma dapat berupa narasi yang disusun menjadi kalimat , dapat juga disusun dalam bentuk gambar atau bagan atau table.

Algoritma dapat dikatakan sebagai langkah-langkah yang diambil dalam menyelesaikan suatu perkerjaan. Dalam matakuliah algortima programan atau logika algoritma yang menyelesaikan pekerjaan adalah komputer. Tugas dari manusia adakah meberikan perintah kepada komputer, langkah demi langkah yang akan dilaksanakan oleh komputer untuk menyelesaikan suatu pkerjaan . Suatu pekerjaan daoay duselesaikan dalam satu langkah , dua langkah, tiga langkahatau banyak langkah secara logis agar dapaty terlesaikan dengan benar.

Ada beberapa pakar yang menyatakan atau menefenisikan tentang algoritma yang intinya sebenarnya sama , antara lain :

Corment, Thomas H, Leiserson, Charles E, Rivest, Ronald L Pada buku Algoritma England : MIT Press 1994. Menyatakan bahwa algortima dikatakan benar untuk beragam input jika algortima tersebut berahir dengan output yang benar.

  1. Horowitz, Eliis dan Sahni, Surtaj dalam buku Fundamental of Data Structures Comuter Science Press, Inc. Rocville, Maryland 1983. menyatakan bahwa algoritma adalah sekumpulan intruksi yang berjumlah terbatas, yang apabila dijalankan akan menyelesaikan suatu tugas tertentu. Algoritma tersebut harus memenuhui kriteria sebagai berikut ini :
  2. Ada atau tidak ada data yang dimasukan dari luar.
  3. Paling sedikit ada sebuah keluaran atau output.
  4. Setiap intruksi memiliki maksud yang jelass dan hanya memiliki satu arti.
  5. Algortima dikatakan secara keseluruhan maupun sub algoritma biladi telusuri memiliki titik berhenti.
  6. Setiap intruksi selain jelas juga dapat dilaksanakan, efektif dan menghasilkan sesuatu.


Knurth Donald E, dalam buku the Art Of Computer Programming. Addison-Wesley Published Company 1973. Menyatakan bahwa terdapat lima ciri penting yang haarus dimiliki sebuah algoritma, yaitu :

  1. Finiteness yaitu menyatakan bahwa suatu algoritma harus berakhir untuk semua kondisi setelah memproses suatu perintah dalam sejumlah langkah.
  2. Definitenessyaitu setiap langkah harus dinyatakan secara jelas dan hanya memiliki satu arti (tidak mendua arti).
  3. Memasukan atau input yaitu setiap algoritma dapat tidak memiliki input atau memiliki input baik satu atau banyak input.  
  4. Keluaran atau output yaitu setiap algoritma harus memiliki output baik hanya berjumlah satu output atau banyak output. Output yang di maksud dalam hal ini adalah besaran yang  memiliki hubungan dengan ouput.
  5. Efektifitas yaitu semua operasi yang dilaksanakan oleh algoritma harus sederhana dan dapat dikerjakan dalam waktu yang terbatas.


Jika disimpulkan maka terdapat beberapa pengertian algortima yang dapat disederhanakan , yaitu :

  1. Urutan langkah-langkah untuk menyelesaikan suatu masalah.
  2. Deretan langkah-langkah komputasi yang mentraformasikan data masukan menjadi keluaran.
  3. Deretan untuk intruksi yang jelas untuk memecahkan masalah, yaitu untuk memproleh keluaran yang diinginkan dari suatu masukan dalam jumlah waktu yang terbatas.
  4. Prosedur komputasi yang terdefenisi dengan baik yang menggunakan beberapa nilai sebagai masukan dan menghasilkan beberapa nilai yang disebut keluaran.

Struktur Data Algoritma
Terdapat tiga komponen pokok atau intruksi dalam algoritma , antara lain :

  1. Assignment Statement.
  2. I/O Statement.
  3. Control Statement.
  4.  Call Statement.
  5.  Retrun Statement.

Algortima adalh langkah-langkah penyelesaian suatu masalah. Langkah-langkah yang dimaksud yaitu runtuhan aksi (squence), pemilihan aksi (selection) dan pengulangan aksi (loop).

1. Harap tidak meletakan Link Aktiv(spam) pada komentar anda.
2. Mungkin tidak semua komentar yang anda publish bisa saya balas.
3. Silakan berkomentar dengan etika dan bahasa yang baik. Terima Kasih
EmoticonEmoticon