Wednesday, February 07, 2018

Keuntungan Dan Kerugian Menggunakan Sistem Basis Data

Pendidikan@Basis Data - Sebelumnya kita sudah membahas pengertian dan komponene basis data serta system basis data, dan sekarang saya akan membahas tentang keuntungan dan kerugian menggunakan Sistem Basis Data.

Keuntungan Sistem Basis Data
  • Data dapat dipakai secara bersamaan
Dalam rangka mempercepat semua daya guna sistem dapat reponsisi waktu yang cepat , beberapa sistem mengizinkan banyak pemakaian untuk mengupdate data secara simultan.


  • Data dapat Distandarisasi
Jika data tersebar dalam beberapa file dalam bentuk format yang tidak sama, maka ini menyulitkan dalam menulis program aplikasi untuk mengambil dan menyimpan data. Maka haruslah data dalam suatu databases dibuat format yang standart sehingga mudah dibuat program aplikasinya.


  • Mengurangi Kerangkapan Data (Redudansi)
maksudanya disini data yang sama disimpan dalam berkas data yang berbeda sehingga apabila ada pengupdatetan maka akan terjadi berulang-ulang. Penyimpanan data yang sama berulang-ulang dibeberapa file dapat mengakibatkan juga inkonsistensi  (tidak konsisten). Apabila salah satu dari file yang menagandung data tersebut terlewat diupdate maka terjadilah data yang tidak konsisten lagi.


  • Adanya kemandirian (kebebesan) data atau data indepedent.
Dalam paket bahasa DBMS misalnya pada struktur file setiap kali kita hendak kita melihat data cukuplah dengan perintah List. Apabila hendak menmbah data cukup dengan Append. Ini berarti perintah-perintah dalam paket DBMS bebas terhadap database. Adapaun perubahan dalam databasesakan mengalami kestabilan tanpa perlu ada yang diubah. hal ini akan beda dengan paket bahasa lainnya.


  • Keamanan (Sucurity)
Tidak setiap pemakai database diperbolehkan untuk mengakses semua data maksudnya data dapat dilindungi dari pemakai yang tidak berwenang. Keamanan ini dapat diatur lewat program yang dibuat atau menggunakan fasilitas kemanan dari operating sistemnnya.


  • Masalah Intergritas
Memelihara Intergritas data berarti data harus akurat, hal ini eret hubungannya dengan pengontrolan kerangkapan data dan pemeliharaan keselarasaan data.

Kerugian Sistem Basis Data 
  • Diperlukan temap penyimpanan yang besar
Karena didalamnnya terdapat suatu sitem database yang saling berkaitan maka perlu tempat penyimpanan yang besar untuk menampung sistem yang ada dan data (dokumen) yang akan di tampung.


  • Perangkat Lunak Mahal
Perlu biaya yang besar untuk membeli perangkat lunak yang berorintasi pada sistem basis data terutama untuk komputer yang berjenis Main Frame.


  • Kerusakan pada sistem basis data dapat mempengaruhui departement yang terkait.
Kerena datanya saling berkaitan, maka apabila ada kesalahaan satu file saja, maka file-file berkaitan pun akan mengalami kesalahaan sehingga akan mempengaruhui departement yang terkait

1. Harap tidak meletakan Link Aktiv(spam) pada komentar anda.
2. Mungkin tidak semua komentar yang anda publish bisa saya balas.
3. Silakan berkomentar dengan etika dan bahasa yang baik. Terima Kasih
EmoticonEmoticon