Wednesday, February 07, 2018

Pengertian Dan Komponen Basis Data Serta Sistem Basis Data

Pendidikan_Basis Data- @ Penting untuk mengerti secara jelas arti dan batasan tentang Basis Data dan Sistem Basis Data sebelum masuk ke pambahasan lebih lanjut. Berikut ini pengertian Basis Data menurut James Martin yaitu :

"Basis data adalah suatu kumpulan data terhubung yang disimpan secara bersama-sama pada suautu media, tanpa adanya suatu kerangkapan data, sehingga mudah untuk digunakan kembali, dapat digunakan oleh satu atau lebih program aplikasi secara optimal, data disimpan tanpa mengalami ketergantungan pada program yang akan menggunakannya, data disimpan sedemikian rupa sehingga apabila ada penambahan, pengambilan dan modifikasi data dapat dilakukan dengan mudah dan terkontrol".

Dari pengertian tersebut dapat disimpulkan bahwa basis data mempunyai beberapa kriteria yang penting sebagai berikut :

1. Bersifat data oriented dan bukan program oriented.
2. Dapat digunakan oleh beberapa program aplikasi tanpa perlu mengubah basis datanya.
3. Dapat berkembang dengan mudah, baik volume ataupun strukturnya.
4. Dapat digunakan dengan cara yang berbeda.
5. Dapat memenuhui sistem-sistem baru secara mudah.
6. karangka dapat diminimaliskan.

Dari pengertian tersebut dapat disimpulkan bahwa :

"Sistem basis data adalah sistem basis data terdiri atas kumpulan  table atau file yang saling berhubungandalam sebuah basis data dan sekumpulan program berupa DBMS yang memungkinkan beberapa pemakaian atau program lain untuk mengakses dan menipulasi table-table tersebut".

Sehinga dapat disimpulkan pula sistem basis data mempunyai beberapa elemen-elemen penting , yaitu basis data sebagai inti dari sistem basis data, perangkat lunak untuk mengelolah basis data, perangkat keras sebagai pendukung operasi pengelolahan data, serta manusia yang mempunyai perang penting dalam sistem tersebut.    

Komponen Sistem Basis Data
Sistem basis data merupakan komponen penyusun berkas data yang saling terpadu. mempunyai komponen-komponen sebagai berkut ini :

1. DataBase (Basis Data)
Adalah kumpulan file-file yang saling berhubungan atau berelasi sehingga sehingga membentuk suatu basis data.

2. Software (perangkat Lunak)
Merupakan perangkat lunak yang digunakan dalam suatu sistem basis data. Pengelolahan basis data secara fisik tidak dapat dilakukan pemakaian secara langsung, tetapi ditangani oleh sebuah perangkat lunak yang khusu yang disebut DBMS (Database Menajement Sistem) yang akan menentukan bagaimana data diorganisasiskan, disimpan, diubah dan diambil kembali. Perangkat lunak yang termasuk kedalam DBMS seperti Dbase III+, Dbase IV, Foxbase, FOxpro, Sql, Rbase, Ms Access, Oracle dan Informix.

3. Hardware (perangkat keras)
Merupakan komponen perangkat keras dalam suautu sistem basis data, dimana mempunyai komponen-komponen utama sebagai berikut ini :

* Unit pusat pengolah (Central processing Unit / CPU)
* Unit Pentimpanan (Storage Unit).
* Keyboard, Monitor, Printer, Dll.

4. Brainware (Manusia)
Manusia merupakan elemn penting pada sistem basis data. Elemen ini terbagai menjadi empat kategori :

* Sistem Engineer
yaitu tenaaga ahli yang bertanggung jawab atas pemasangan sistem basis data dan uga mengadakan peningkatan serta melaporkan kesalahaan dari sistem tersebut kepada pihak penjual.

*Adminstrator Basis Data
yaitu tenaga ahli yang mempunyai tugas untuk mengawasi sistem basis data, merancanakan atau mengaturnya.

*Programmer
taitu bertugas membuat program aplikasi yang diperlukan oleh pemakai akhir dengan menggunakan data yang terdapat dalam sistem basis data.

*User
Yaitu tenaga ahli yang menggunakan data untuk mengambil suatu keputusan yang diperlukan dalam suatu instasi atau perusahaan. 

1. Harap tidak meletakan Link Aktiv(spam) pada komentar anda.
2. Mungkin tidak semua komentar yang anda publish bisa saya balas.
3. Silakan berkomentar dengan etika dan bahasa yang baik. Terima Kasih
EmoticonEmoticon